Teman-teman anggota IPKJI Sulsel/Perawat Jiwa/Dosen Jiwa atau ada Materi/Saran dan kritik harap ke alamat email : Awie_ners@yahoo.com

Kamis, 06 November 2008

Arti IPKJI

IPKJI adalah organisasi profesi, sebagai wadah perawat kesehatan jiwa berhimpun, di bawah naungan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang lebih menekankan kepada kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan pendidikan, serta jangkauan pelayanan kesehatan jiwa.
Keperawatan kesehatan jiwa adalah area khusus dalam praktek keperawatan yang menggunakan ilmu perilaku dan diri sendiri secara terapeutik untuk meningkatkan, mencegah, menyembuhkan, memulihkan kesehatan jiwa baik kepada individu, keluarga dan masyarakat secara optimal.
Perawat kesehatan jiwa adalah seseorang yang telah menempuh pendidikan formal di bidang keperawatan kesehatan jiwa dan atau perawat umum yang telah mengikuti pelatihan keperawatan jiwa yang bekerja di pelayanan kesehatan jiwa dan institusi lain.
Kesehatan jiwa adalah seperti yang dimaksud dalam Undang-undang No. 23 Tahun 1992, tentang kesehatan yaitu kemampuan individu untuk mentesuaikan diri sendiri, orang lain, masyarakat dan lingkungan serta bebas dari tekanan-tekanan perasaan dan emosi.
Diposkan oleh IPKJI NAD di 9/03/2008 12:33:00 AM